Categories
Pendidikan

Beda Jurusan Maka Berbeda Pula Gaji Ausbildung Di Jerman

Tidak sedikit orang yang bertanya, berapa untuk gaji Ausbildung di Jerman? Kebanyakan menganggap bahwa sekolah dan bekerja di Jerman akan selalu enak terus dan kaya raya. Namun kenyataannya tidak sama sekali. 

Bagi yang menginginkan meningkatkan keterampilannya setaraf dengan orang Jerman, program Ausbildung merupakan salah satu solusi. Jangan tanyakan berapa gaji Ausbildung di Jerman. Karena status yang mengikuti Ausbildung adalah sebagai siswa dan magang. 

4 Program dan Gaji  Ausbildung di Jerman 

Gaji Ausbildung Jerman 2021 termasuk pas-pasan untuk biaya hidup sehari-hari. Alasannya karena kerjanya masih terbilang sedikit waktunya. Ada 4 profesi Ausbildung yang bisa dipilih. Tentu saja gaji yang diterima juga berbeda. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya. 

1. Ausbildung perawat

Standar kesehatan di Jerman termasuk tinggi. Penyebabnya adalah angka harapan hidupnya tinggi serta kesejahteraan kesehatannya juga baik. Bagi perawat yang menginginkan meningkatkan keterampilannya, bisa masuk program untuk jurusan perawat.

Memilih Ausbildung perawat sangat tepat, karena akan bisa praktek pada rumah sakit yang memiliki taraf yang baik. Sedangkan gaji ausbildung perawat di Jerman berbeda setiap tahunnya. Tergantung pada kota yang ditempati. Rata-rata tiap bulan yang diterima adalah 1.140 Euro.

2. Ausbildung juru masak

Berbeda dengan gaji Ausbildung perawat di Jerman yang lumayan tinggi. Gaji Ausbildung juru masak ada di bawahnya. Namun kesempatan kerja sebagai juru masak lebih luas. Seperti bisa menjadi koki di restoran, kapal, panti jompo, bahkan bisa membuka restoran sendiri. 

Pada awal pelatihan Ausbildung juru masak, ada beberapa pelajaran dasar yang akan dipelajari. Seperti jenis dapur, jenis pekerjaan, cara penyimpanan makanan, mempersiapkan makanan, mengetahui keselamatan kerja, sampai cara melayani tamu. 

3. Ausbildung perhotelan

Bisa dikatakan bahwa Industri perhotelan Jerman sangat berkembang dengan baik. Karena service dan fasilitasnya sangat bagus. Mulai dari bintang 3 sampai 5, semuanya memiliki fasilitas dan pelayanan yang sangat memuaskan. 

Jurusan ini memiliki prospek yang sangat bagus jika diterapkan di Indonesia. Karena salah satu industri yang diandalkan adalah bidang pariwisata. Ada berbagai pengetahuan perhotelan yang bisa dipelajari di Ausbildung. Mulai dari menjadi resepsionis sampai manajer hotel.

Jangan dipertanyakan tentang gaji Ausbildung Jerman jurusan perhotelan pada tahun pertama. Gaji kotornya sekitar 800 sampai 900 Euro. Itu belum terpotong dengan asuransi, pajak, dan lain sebagainya. Tapi, setiap tahunnya akan selalu ada kenaikan. 

4. Ausbildung teknisi

Merupakan jurusan yang memiliki prospek yang berkaitan dengan mesin, elektronik, bahkan pertambangan. Di Indonesia, jurusan ini sangat dibutuhkan. Terlihat dari beberapa perusahaan yang mengambil jasa teknisi dari luar negeri. 

Ada banyak hal yang  dipelajari jurusan Ausbildung teknisi. Mulai  membongkar pasang mesin, memperbaiki, sampai dengan memasang kontrolkan sistem yang rumit. Memang ketika mengikuti program Ausbildung memiliki gaji sedikit. Namun setelah lulus akan meningkat tajam. 

Itulah penjelasan tentang 4 program dan gaji Ausbildung di Jerman yang akan didapatkan. Memang ketika masih menjadi siswa Ausbildung, gaji yang diterima sedikit. Namun, setelah lulus dan mendapatkan pekerjaan, maka jumlahnya akan berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *