Categories
Pendidikan

Aktuaria: Pengertian dan Persyaratan Menjadi Aktuaria

Ilmu aktuaria adalah bidang studi yang berkaitan dengan kuantifikasi risiko menggunakan matematika, probabilitas dan statistik.

Ketika kita merencanakan untuk kuliah di satu jurusan, tentunya karena kita memikirkan potensi kita di bidang apa, dan juga setelah tamat akan menjadi apa, artinya prospek kerja kita setelah tamat juga akan menjadi penentu.

Ada banyak jurusan yang tersedia, baik itu hukum, politik. Kedokteran, bahasa, ekonomi dan lain sebagainya. Dan jurusan tersebut tidak asing lagi bagi kita. Lalu bagaimana dengan jurusan aktuaria? Apa itu aktuaria ? Simak berikut ini

Apa itu Aktuaria ?

Ilmu aktuaria adalah bidang studi yang berkaitan dengan kuantifikasi risiko menggunakan matematika, probabilitas dan statistik. Keahlian yang sangat terspesialisasi ini terutama digunakan dalam industri asuransi untuk memastikan bahwa perusahaan asuransi stabil secara finansial sekarang dan selama beberapa dekade ke depan.

Tujuan utama orang-orang yang mengambil jurusan ilmu aktuaria adalah menjadi seorang aktuaris. Seorang aktuaria adalah seseorang yang biasanya bekerja di perusahaan asuransi, dan merupakan spesialis dalam mengukur risiko.

Aktuaris menggunakan konsep matematika dan statistik untuk menentukan kemungkinan peristiwa tertentu yang terjadi di masa depan (dan kapan hal itu akan terjadi), serta dampak finansial yang diharapkan dari peristiwa tersebut.

Baca Juga: Gaji Ausbildung Jerman

Dengan menggunakan informasi ini, aktuaris dapat menghitung jumlah uang yang wajar yang harus disisihkan sekarang untuk memastikan bahwa cukup uang akan tersedia nanti untuk membayar acara jika dan ketika itu terjadi di masa depan.

Misalnya, ketika seseorang membeli polis asuransi mobil, orang tersebut mengharapkan kerusakan pada kendaraan mereka untuk dibayar jika dan ketika mereka mengalami kecelakaan di masa depan. Dalam contoh ini, “peristiwa” yang saya sebutkan sebelumnya adalah kecelakaan mobil.

Seorang aktuaria orang yang akan dapat memprediksi kemungkinan kecelakaan mobil terjadi setiap bulan di masa depan. Dia juga akan dapat memprediksi berapa banyak kerusakan yang akan terjadi pada kendaraan jika kecelakaan terjadi. Semua menggunakan statistik.

Persyaratan Menjadi Aktuaris?

1. Anda membutuhkan setidaknya gelar sarjana. Itu tidak harus dalam ilmu aktuaria atau matematika, itu hanya perlu gelar. Pengusaha sangat tidak suka untuk mempertimbangkan Anda untuk posisi pekerjaan aktuaria tanpa satu

2. Anda harus lulus serangkaian 10 ujian aktuaria yang akan membuat Anda menjadi aktuaris bersertifikat (atau sepenuhnya memenuhi syarat). Ujian ini membutuhkan sebagian besar orang antara 5 dan 10 tahun untuk lulus. Beberapa orang tidak pernah selesai. Tapi untungnya Anda bisa mulai bekerja di pekerjaan aktuaria tingkat pemula sebelum Anda lulus semua ujian.

3. Anda membutuhkan keterampilan teknis. Ini termasuk pengetahuan yang layak tentang cara menggunakan Excel, serta bahasa pemrograman seperti VBA atau Python. Keterampilan ini dapat dipelajari di tempat kerja tetapi pengusaha mulai memilih kandidat untuk memilikinya sebelum dipekerjakan.

Menjadi aktuaria adalah proses jangka panjang yang membutuhkan waktu bertahun-tahun bahkan setelah sekolah. Berikut adalah penjelasan terperinci tentang 8 langkah yang perlu Anda ambil untuk menjadi aktuaris yang sepenuhnya memenuhi syarat.

Keputusan untuk menjadi aktuaris harus ditanggapi dengan sangat serius. Menjadi seseorang adalah komitmen jangka panjang daripada karier kebanyakan karena ujian aktuaria. Tetapi ada banyak aspek karir aktuaria yang mungkin Anda cintai dan akan membuatnya layak untuk komitmen Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *