Categories
Pendidikan

Percobaan Kimia Aman Untuk Anak-Anak

Dalam rangka mera yakan ulang tahun ke-10, BASF Kids’ Lab di Indonesia beberapa waktu lalu mengadakan program percobaan kimia interaktif di Lotte Shopping Avenue, Jakarta. Lebih dari 1.000 anak melakukan percobaan kimia yang aman dan sederhana selama acara berlangsung.

“ lowongan kerja gratis di Jerman dengan program ausbildung di Jerman untuk lulusan SMA” sat-jakarta

Di seluruh dunia, BASF merayakan ulang tahun ke-150 tahun, sedangkan di Indonesia, Kids’ Lab merayakan ulang tahun ke-10. “Kami memperkenalkan percobaan-percobaan baru tahun ini. Kami juga mengadakan sesi khusus bagi anak-anak dari Yayasan Dhuafa. Sejarah BASF me nunjukkan kimia adalah penggerak bagi masa depan yang berkelanjutan.

Melalui Kids’ Lab, kami berharap anak-anak dapat merasakan keajaiban dunia kimia dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari,” ujar CP Chan, Presiden Direktur BASF Indonesia. BASF Kids’ Lab di luncurkan di kantor pusat BASF di Jerman tahun 1997 dan saat ini telah dilaksanakan di lebih dari 30 negara di dunia. Di Indonesia, sekitar 5.000 anak telah berpartisipasi dalam acara ini sejak 2005.

Vaksin DPT

Dalam beberapa dekade terakhir, program imunisasi pertusis pada bayi menunjukkan hasil yang menggembirakan dalam menurunkan kejadian pertusis berat di seluruh dunia. Pada 2008, sekitar 82% bayi menerima 3 dosis vaksin pertusis dan diharapkan mampu menekan angka kematian. Terdapat 2 jenis vaksin DPT : 1. Vaksin yang mengandung seluruh sel kuman pertusis (whole cell pertussis), disingkat DTwP.

Vaksin inilah yang tersedia di posyandu dan puskesmas. 2. Vaksin yang tidak mengandung kuman pertusis, tapi berisi komponen spesifik toksin dari kuman pertusis, disebut sebagai aseluler pertusis, disingkat DTaP. Keuntungan vaksin ini, memberikan reaksi lokal dan demam yang lebih ringan dibanding vaksin whole cell. Aturan pemberian: ? Imunisasi dasar DPT diberikan tiga kali. Dosis pertama diberikan pada usia lebih dari 6 minggu dengan interval 1-2 bulan untuk pemberian selanjutnya. ? Tidak diberikan kepada bayi kurang dari usia 6 minggu karena respons terhadap pertusis tidak optimal. ?

Vaksin dengan dosis 0,5 ml disuntikkan di otot paha. ? Dapat diberikan vaksin DtaP atau DTwP atau kombinasi dengan vaksin lain. ? DtaP atau DTwP, imunisasi DPT ulangan (booster) diberikan satu kali pada usia 18 bulan dan diulang lagi ketika usia 5 tahun. ? Untuk anak umur lebih dari 7 tahun diberikan vaksin Tdap yang merupakan vaksin lanjutan dari DPT dan pemberiannya diulang setiap 10 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *