Categories
Parenting

Penasaran Dengan Hari Perkiraan Lahir

Dokter judi, selama ini saya masih penasaran, apa sih yang membuat ibu hamil melahirkan melebihi hpl (hari perkiraan lahir) dan sama sekali tidak merasakan kontraksi? Sewaktu hamil, saya melebihi 9 hari dari hpl, dan akhir nya diinduksi sampai 4 infus dan 1 tablet obat. Saya tidak tahu itu obat apa, tapi denyut jantung janin tetap kuat dan pembukaan sampai pembukaan 3. Akhirnya saya sesar.

Baca juga : Beasiswa s2 Jerman

Padahal berat badan janin juga tidak besar (3 kg). Mohon pen cerahan. Terima kasih. Muhimmatul Ulya – Jakarta Kapan seorang ibu hamil akan melahirkan? Itu merupakan rahasia Allah SWT. Banyak teori yang mencoba mengungkapkan mekanisme terjadinya proses persalinan, tetapi belum ada satu pun yang memuaskan. Ada yang mengatakan penekanan bagian terendah janin pada suatu tempat di dasar panggul , perubahan kadar hormonal saat kehamilan mencapai kehamilan cukup bulan, faktor plasenta, atau hormon oksitosin.

Penjelasan dari semua teori itu tidak ada yang dominan menjadi sebab dari terjadinya persalinan. Pada kehamilan lewat waktu, sering ditemukan adanya ke kurangan reseptor hormon oksi tosin pada rahim. Hormon oksitosin adalah hormon yang dapat menyebabkan kontraksi rahim. Bila kekurangan hormon tersebut, maka rahim sulit atau tidak dapat ber kontraksi dengan baik, meskipun diberi infus oksitosin atau diberi obat minum atau obat melalui vagina.

Pengalaman Ibu saat diinduksi menunjukkan tidak efektifnya proses induksi akibat kurangnya reseptor oksitosin. Berat bayi yang tidak besar dan pembukaan bisa men capai 3 cm serta panggul yang normal, bukan merupakan gagal nya induksi persalinan. Pada ke hamil an yang akan datang, usahakan kesehatan Ibu yang lebih baik dan periksa kehamilan pada dokter kandungan. Terima kasih atas pertanyaannya.

Ditunjukkan dokter saat usg ”Mendengar detak jantung janin pertama kali saat kandunganku memasuki trimester kedua, kira-kira usia lima bulan. Pada waktu melakukan USG, dokter mengatakan bayiku sehat dan ia menunjukkan detak jantung janinku. Aku dan suami mendengarkan sambil mengucap syukur yang tak terhingga. Bahagia sekali rasanya. Begitu banyak doa yang kami panjatkan untuk kesehatan bayi dan keselamatannya nanti. Berharap yang terbaik dan lancar saat persalinan.” Karlina rahayu, 8 bulan

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *