Categories
Tech

Enkripsi Data, Email, dan Cloud ala Autotrade Gold

Enkripsi Data, Email, dan Cloud ala Autotrade Gold – Untuk fle yang aman, Anda dapat melindunginya dengan berbagai tool. Dalam rubrik ini memberikan beberapa saran tool untuk proses enkripsi data. Ramainya lalu-lintas data di Internet membuat daya tarik tersendiri bagi beberapa pihak yang membutuhkan data penting. Untuk urusan data, ternyata tidak hanya hacker yang tertarik untuk memilikinya. Beberapa organisasi dari pemerintahan pun turut mengincar data.

Bahkan, mereka dapat menganalisis setiap bit informasi yang lewat melalui saluran digital dan kadang bekerja sama dengan produsen hardware. Penyedia layanan e-mail dan cloud seperti Google pun membutuhkan data. Google mendapatkan uang dengan cara menganalisis komunikasi yang Anda lakukan di Internet sehingga dapat menampilkan iklan yang relevan untuk Anda. Oleh sebab itu, satu-satunya solusi untuk mengamankan data yang melintas di Internet adalah dengan menyimpan dan mentransfernya secara terenkripsi.

Membuat akses sesulit mungkin Dengan program-program yang sarankan, Anda dapat melindungi file dan drive di komputer, termasuk kumpulan e-mail Anda. Setelah dienkripsi dengan cara yang benar dan tepat, Anda bahkan dapat meng-upload file pada layanan Cloud dari Google tanpa harus khawatir dengan keamanan data Anda. Jika Anda telah menggunakan program untuk mengenkripsi file, Anda dapat mempertimbangkan beberapa solusi open source yang berikan. Dengan demikian, data Anda akan aman dan orang lain tidak dapat mengambil keuntungan.

Enkripsi File

Anda dapat melindungi file dan folder dengan Gpg4win. Program ini menggunakan enkripsi asimetris RSA standar. Untuk keamanan data, Gpg4win juga menggunakan satu private key dan public key. File dienkripsi dengan public key dan dapat dibuka lagi dengan private key. Inilah sebabnya mengapa Gpg4win sangat ideal untuk mengenkripsi file untuk penerima yang Anda tidak kenal secara pribadi. Berikut langkah-langkah pengaturannya.

  1. Setting Gpg4win Download dan install Gpg4win dari websitenya. Untuk penggunaan pribadi, Anda dapat meng-install dan menggunakan program dengan account pengguna biasa. Untuk persyaratan keamanan yang ditingkatkan, Anda harus meminimalkan kemungkinan serangan dengan menggunakan account Windows terpisah.
  2. Mengacak Kunci Setelah proses install Gpg4win selesai, jalankan tool Key Management Kleopatra dan jalankan juga wizard yang relevan dengan membuka “File | New sertificate …”. Pilih “Personal OpenPGP Key Pair” dan masukkan nama dan alamat e-mail. Klik “Next” dan kemudian masukkan passphrase minimal sepuluh digit minimum, yang berisi huruf besar dan huruf kecil serta angka. Anda dapat mengabaikan window dialog terakhir. Anda akan memiliki sepasang kunci setelah Anda mengklik “Finish”.

Sumber : https://teknorus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *