Anak Populer Masa Kini Bagian 2

Kembangkan Kemampuan Sosial

Nah, bagi Mama Papa dengan anak yang mengidolakan temannya ataupun sebaliknya, dorong terus untuk selalu memperluas pertemanan. Tak hanya di sekolah, melainkan juga di lingkungan rumah. Masa-masa duduk di bangku TK adalah momen dimana mereka mulai mengembangkan kemampuan sosial. Kelak, pada beberapa tahun ke depan, kemampuan ini dibutuhkan untuk membentuk persahabatan. Selain itu, ketika anak berteman, baik sebagai idola ataupun yang diidolakan, tetap perhatikan plus-minus yang mungkin terjadi. Bila teman yang diidolakan atau sebaliknya bisa membawa pengaruh positif, anak akan terpacu untuk belajar berbagi mainan atau berbagai kue/ makanan, misal. Sebaliknya, akibat negatif juga perlu diwaspadai karena pertemanan ini.

Misalnya, anak meniru temannya itu yang ternyata cenderung bossy atau suka main perintah pada orangtua/ pengasuhnya. Adakalanya anak-anak seperti ”lupa diri” kalau sudah bermain. Alih-alih istirahat siang/sore, justru seharian mereka bermain. Untuk itu, perlu dibatasi waktu bermain mereka, setidaknya 1—2 jam. Selain si prasekolah ada waktu untuk tidur/istirahat siang/sore, juga bila terlalu lama bisa membuat anak kelelahan nantinya. Beri tahu si prasekolah dan temannya bahwa kegiatan bermain sudah selesai dan bisa dilanjutkan kembali esok hari.

Di sini si prasekolah sekaligus belajar untuk menaati jadwal hariannya. Umumnya, si prasekolah pada tahapan ini ”mengidolakan” temannya yang sama jenis kelaminnya, teman sepermainan di sekolah atau di sekitar rumah. Selanjutnya mereka semakin akrab dan masing-masing cepat menyesuaikan diri sehingga seperti teman dekat atau sahabat. Tapi jangan heran, adakalanya mereka juga ”bertengkar”, entah karena memperebutkan sesuatu mainan atau masing-masing ngotot memaksakan temannya untuk melakukan suatu akvitas tertentu. Bila hal tersebut terjadi, Mama bisa mencoba untuk menjadi penengah atau mediator atas pertikaian yang berlangsung. Misalnya, anak ingin bermain pasel tapi temannya lebih suka mewarnai gambar. Mama perlu memahami bahwa si prasekolah dan temannya ingin melakukan hal berbeda. Tanyakan, kira-kira permainan apa yang bisa dilakukan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *