Pilihan Tempat Beragam

Tentu tidak sembarang tempat bisa dijadikan tempat bermain anak. Carilah tempat dimana batita dapat aktif tapi aman. Baiknya, tempat tersebut sudah pernah dikunjungi sebelumnya, sehingga Mama Papa tahu bagaimana kondisi lingkungan tersebut. Misal, taman di kompleks perumahan yang umumnya tak terlalu banyak orang. Mama Papa dapat membawa batita ke tempat ini berkali-kali sehingga ia pun hafal dengan kondisi taman kompleks. Mama Papa juga bisa kenalkan taman kota yang ada rumputnya sehingga kalau jatuh tak menimbulkan luka. Pilihan lainnya ke kebun raya seperti Kebun Raya Bogor. Namun pilih tempat yang sejuk atau tak terkena panas matahari langsung serta aman. Selain itu, pilih tempat yang agak sepi supaya anak lebih fokus bergerak. Bisa juga kita mengajak si batita ke taman bunga bila lokasinya dekat dengan rumah. Kalau Taman Bunga di daerah puncak terlalu jauh karena batita bisa lelah. Juga kurang disarankan bila si kecil diajak ke tempat-tempat ramai seperti Monumen Nasional (monas) karena terlalu ramai dan kurang banyak pepohonan sehingga batita bisa kepanasan.

Perhatikan Kenyamanan

Agar si batita mendapatkan stimulasinya secara optimal ketika berada di outdoor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Mama Papa, yaitu: * Pakaikan celana/baju yang nyaman, misalnya berbahan kaus. * Pakai celana panjang atau legging bagi anak perempuan untuk menjaga anak agak tidak lecet kalau terjatuh. * Boleh pakai topi, namun ukurannya harus pas. Jangan sampai kesempitan atau kebesaran hingga melorot yang malah menutupi pandangan anak. * Meski bermain di taman dekat rumah, jangan lupa bawa minuman dan makanan. Jika tiba-tiba si batita merasa haus atau lapar, Mama Papa sudah siap, tak usah pulang dulu. * Ingatkan anak untuk jeda sebentar, minum, lalu mengambil napas panjang untuk memasukkan oksigen ke dalam paru. Dengan begitu pernapasannya dan sirkulasi darah menjadi lancar. * Perhatikan keamanan dari hewan yang biasa ada di taman, semisal: kucing, nyamuk, lalat, cacing. Untuk menghindari gigitan nyamuk, Mama bisa mengoleskan krim/losion antinyamuk yang aman bagi anak. * Cari tempat yang rata dan berumput untuk mengamankan dari jatuh dan luka atau lecet ketimbang bermain di atas lantai bersemen. * Pilih area yang tak terlalu ramai dengan anak-anak yang lebih besar, misalnya anak yang menggunakan sepeda karena berisiko menabrak si batita.

Simak juga informasi lengkap mengenai tempat terbaik untuk kursus bahasa Perancis di Jakarta bagi Anda yang ingin mahir dalam berbahasa Perancis.

This entry was posted in Parenting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *