Stimulasi Berbagai Kemampuan

Kegiatan di outdoor sangat beragam. Mama Papa dapat menciptakan sendiri aktivitas fun bersama si batita. Yang penting, melalui kegiatan itu, si kecil dapat berjalan, berlari, melompat, melatih keseimbangan, bergulingguling di tanah yang berumput, sesuai dengan kemampuan batita. Cobalah keseruan menangkap dan melempar bola atau sekadar berjalan bergandengan tangan sambil memberitahu si kecil nama-nama tanaman yang dilewati. Pelan-pelan boleh Mama Papa latih si batita menggunakan alat bermain seperti perosotan. Dalam hal ini, Mama atau Papa menunggu di bawah saat anak akan merosot. Begitu pula main ayunan dengan tetap dibimbing dan didampingi supaya aman.

Pagi dan Sore

Mengajak anak bermain di luar rumah (ke taman dekat kompleks, misalnya) bisa dilakukan kapan saja, terutama jika cuaca cerah. Biasanya sebelum jam 10 pagi, karena matahari pagi bagus untuk kesehatan kulit si kecil, dan sore hari saat matahari mulai condong ke barat, sebelum gelap/malam. Untuk tahap awal, cukup ajak si batita 10 sampai 15 menit per tiga hari. Kalau si batita mulai terbiasa, dapat kita atur kedatangan ke taman setiap pagi atau sore. Sesekali dapat diajak ke taman yang agak jauh dari rumah serta tempat yang lebih luas seperti kebun raya.

Menjaga Keselamatan Anak

Umumnya, orangtua tak mengizinkan anak bermain di luar rumah karena khawatir dengan adanya penculikan, selain takut anaknya jatuh dan terluka. Hal ini wajar saja karena setiap orangtua pasti memikirkan keselamatan anak-anaknya. Hanya saja, jangan sampai kekhawatiran/ketakutan tersebut membuat Mama Papa jadi melarang anak bermain di luar rumah. Poin pentingnya adalah Mama Papa harus tahu pasti lingkungan luar yang hendak dijadikan tempat bermain anak dan selalu berikan pengawasan untuk memastikan keselamatan anak. Mama Papa juga harus mengajarkan berbagai tindakan pencegahan yang bisa anak lakukan. Misalnya, minta anak untuk berteriak jika ada orang asing yang mengajak pergi. Ajarkan juga pada si kecil untuk meminta bantuan pada orang dewasa seperti polisi, satpam, atau petugas lainnya. Tekankan juga kalau anak tidak boleh pergi tanpa sepengetahuan Mama Papa.

This entry was posted in Parenting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *