Tersembunyi Tapi Sangat Berarti

Tahukah Anda bahwa ruang servis sebenarnya sudah ada sejak lama? Tetapi sebutannya saja yang berbeda. Misalnya pada rumah tradisional Betawi. Rumah ini berbentuk rumah panggung yang memiliki tata ruang mirip dengan rumah modern, yaitu terdiri dari ruang publik, ruang pribadi, dan ruang servis. Ruang publik berada di teras depan, biasa disebut amben. Ruang pribadi seperti kamar berada di tengah, biasa disebut pangkeng. Sementara area servis adalah dapur yang biasa disebut srondoyan.

Seiring perkembangannya, istilah ruang servis mulai banyak dikenal. Hingga kini ruang servis tidak hanya terdiri dari dapur, tetapi juga meliputi gudang, ruang cuci, setrika, dan jemur, serta kamar tidur dan kamar mandi asisten rumah tangga. Fungsi Ruang Servis Sesuai dengan namanya, ruang servis memiliki fungsi untuk menservis atau menunjang ruang lainnya agar kebutuhan seharihari di dalam rumah terpenuhi. Contohnya baju yang tergantung rapi di lemari tentunya telah dicuci dan disetrika di area servis terlebih dahulu.

Bahkan, asisten rumah tangga yang mengerjakan semuanya itu pun terlebih dahulu “diservis” dengan memiliki kamar tidur dan kamar mandi yang nyaman agar dapat bekerja maksimal. Berdasarkan fungsinya, ruang servis terbagi menjadi 3 area, yaitu area bekerja, area simpan, dan area tinggal. Area bekerja adalah tempat pekerjaan servis dilakukan, seperti ruang cuci, ruang setrika, ruang jemur, dan dapur kotor. Area simpan merupakan tempat menyimpan alat-alat pendukung kegiatan servis yang biasa disebut gudang. Sedangkan area tinggal adalah tempat asisten rumah tangga beristirahat dan membersihkan diri, seperti kamar tidur dan kamar mandi.

Ruang Servisku

Inilah ruang servis kami yang selalu bersih dan rapi. Di ruangan ini biasanya dilakukan kegiatan mencuci, menjemur, dan menyetrika. Tidak hanya itu, ruang servis lainnya juga selalu kami perhatikan untuk menunjang seluruh aktivitas di rumah kami.

Tips

Lokasi area servis sebaiknya saling berdekatan agar tercipta sirkulasi yang e­ sien. Misalnya ruang cuci, jemur dan setrika sebaiknya berdekatan. Jika ada lahan yang memadai, ruang cuci, jemur, dan setrika bisa disatukan dalam satu ruangan. Jagalah kebersihan ruang servis, agar pakaian yang sudah bersih tidak kotor kembali. Ruang jemur sebaiknya berada di lantai atas dan terbuka, agar pakaian kering karena terkena panas matahari. Tidak hanya menggunakan panas dari mesin outdoor AC.

Selain itu juga agar kenyamanan rumah tetap terjaga perlu adanya sebuah genset yang berguna sebagai sumber listrik alternatif ketika listrik dari PLN sedang padam. Untuk mendapatkan harga yang murah bisa membelinya pada Distributor resmi jual genset Cummins Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *